Laman

Selasa, 30 Maret 2010

Test-Test Personality Gratis

Pengantar Test-test Psikologi:

Busztan-Center for Empowering People”

Sukses perdefinisi adalah meraih apa yang kita inginkan. makanya kejelasan tujuan itulah yang terpenting. Sebab Tujuanmu adalah = apa yang kamu inginkan. Apa yang kita inginkan harus betul-betul jelas. sebab kaya misalnya; itu belum jelas. punya mobil 1 bisa kaya, punya mobil 10 juga bisa kaya. Dengan kejelasan yang kita inginkan, maka kita akan fokus pada yang kita inginkan. bila fokus....maka akan tembus. 3 hukum alam sukses katanya; 1) law of harvest (yang kita tanam yang kita tuai). 2) Law of attraction atau law of magnet (kita menarik yang sejenis kita, kita menarik apa yang kita percayai. bila kita positif akan tampak positif semua yang lain juga). 3. law of Lup (bila kita fokus, fokus, fokus. apa yang tidak mampu kita raih). kata buku-buku motivasi seperti Hapolen Hill, Sevent Habbit, Stephen Covey, The Secret, Law Of Attraction, Positive Thinking dll. Tapi sering kali kita pindah-pindah. doa juga pindah-pindah. sehingga malaikat-pun bingun dia pingin apa...aku harus memberi apa. ingat kata Allah...."Berdoalah pasti akan aku kabulkan."....tapi menurutku..dengan syarat jangan pindah-pindah. wallahu al a'lam.

Mengapa kita mesti melakukan test? Khususnya psikologi? Jawaban yang pasti adalah karena kita ingin sukses. Apa potensi yang kita miliki? Sehingga apabila ada keterpaduan antara keinginan dan potensi “bawaan”, usaha, maka akan lebih mudahlah untuk meraih itu. Contoh; apabila bebek punya keinginan ahli renang, maka akan lebih muda untuk meraihnya daripada kucing atau sapi atau kambing mau jadi ahli renang, walau yang terahir juga bisa.

Manusia punya potensi sangat banyak. Tetapi potensi itu tidak sama rata, ada yang menonjol ada yang rendah dst. Makanya dengan mengetahui potensi “asli” kita maka akan lebih mudah meraih kesuksesan kita. Disamping itu, semua orang sepakat bahwa untuk sukses maka orang harus pandai bergaul (= punya kecerdasan interpersonal), bisa kerjasama team dan tahu kepribadian sendiri juga orang. Sehingga kita bisa mengepaskan kecendrungan orang dengan bahan yang akan kita tawarkan, pembicaraan yang akan kita diskusikan atau mulai pembicaraan dst. Inilah perlunya test-test itu. Banyak test yang ditawarkan, beberapa kami sediakan disini. Yaitu;

1. Test Multiple intelligences. Untuk penjelasan teori ini, kegunaan dll, secara detail lihat tulisan kami di Stratrgi Pengajaran Dengan Multiple intellegencies.

2. Test Kecendrungan Otak Kanan-Kiri. Misalnya diketahui bahwa secara bisnis; otak kiri cenderung berfikir analitis dan jadi pegawai, karena cari aman. Sedangkan otak kanan, berfikirnya glabar, divergen, sulit diatur dan biasanya take risk, wirausahawan dst. Untuk lebih lengkap lihat tulisan kami di http://humanisme-kebenaran.blogspot.com/2010/03/belajar-cara-belajar_20.html.

3. Test Survei Hambatan Manajerial. Misalnya apakah anda punya problem atau kelebihan di 10 bidang yaitu; berfikir kreatif, bekerja kelompok, punya kejelasan orientasi, kepemimpinan, inner motivation dst.

4. Test Type Kepribadian; apakah anda ini Melangkolis (cenderung pandai, peka dan Jaim dst), Phlegmatis (sulit jadi pemimpin, bagus sebagai pegawai, mudah diinjak-injak, dst). Kholeris (calon pemimpin, tidak mau ngalah, cemburuan dst), Sanguish (disukai banyak orang, ceria, tidak tepat waktu, kurang perasaan dst).

5. Test Kecerdasan Emotional (Dalam Proses)

Isilah Test-test ini, lalu anda isikan dibagian paling bawah hasil test anda. Kemudian hasil itu ada emailkan ke kami; muh.alwi.hbs@gmal.com, insya allah kami akan kirimkan hasil analisanya kepada anda secara gratis.

Share pengetahuan, share perbaikan potensi, informasi…untuk nambah teman dan nambah pahala……Insya Allah.

Discover your talent with Multiple intelligences:

Persyaratan pengisian adalah; anda harus jujur pada diri anda , jangan terlalu lama berfikir dan usahakan kosentrasi. Paling butuh waktu 10 sampai 30 menit maksimal. Tetapi keuntungannya banyak buat anda.

Test : Multiple intelligences

(Questionnaire adapted from Howard Gardner, Thomas Amstrong and Dr. Terry Amstrong with modification).

Isilah dengan menyilang, jawaban dibawah ini. 1) Adalah Sangat bukan diri anda, 2) Bukan Diri anda, 3) kadand diri anda kadang tidak. 4) diri anda, 5) sangat diri anda.

Contoh Soal No 2. Anda sangat tidak suka matematika (otak-atik angka), maka anda bisa jawab 1 (sangat betul tidak suka), 2, bila tidak suka. 3. Ya suka ya tida, 4. Suka matematika, 5. Anda sangat suka otak-atik angka-angka. Bila anda jawab 3. Maka anda silang sperti Contoh.

No

Pertanyaan

1

2

3

4

5

1

Saya termasuk baik dalam bicara, dan suka berkata-kata

X

2

Saya mudah Menghitung dan otak-atik angka

X

3

Saya menyukai Musik

4

Saya mudah ingat jalan-jalan dan jarang tersesat kalau pulang, atau di Mall

5

Saya suka olahraga, bola atau, atau, atau

6

Saya punya banyak teman dan senang kumpul daripada sendirian

7

Saya sering berfikir tentang kelemahan dan kelebihan diri saya.

8

Kalau saya punya waktu luang saya suka membeli tanaman, atau hewan, menyiram tanaman atau member makan burung, kucing atau semacamnya.

9

Saya mudah belajar kata baru, dan kadang menggunakan kata-kata itu.

10

Saya sering bertanya kapan itu dimulai, kenapa dan apa sebabnya?

11

Saya sering mendengarkan lagu, dan hafal 1,2, 3 lagu

12

Saya mudah mengetahui arah bila bertanya, kanan-kiri, utara, selatan dst….atau bila diberitahu dengan peta.

13

Saya merasa badan saya sangat fit (karena sering main olah raga atau lainnya)

14

Saya senang bergaul dan berteman dengan semua orang .

15

Saya suka berfikir pengaruh orang lain terhadap saya

16

Saya senang dengan binatang/tanaman peliharaan saya

17

Saya suka membaca, dan melakukan hamper tiap hari

18

Saya senang matematik atau hitung-hitungan dan sain (IPA)

19

Orang berkata saya cukup bisa menyanyi, atau punya suara bagus

20

Saya dapat dengan mudah membayangkan sesuatu dilihat dari atas atau samping

21

Saya sulit duduk dalam waktu lama

22

Saya merasa tidak masalah ditempat keramaian daripada sendirian

23

Orang senang sendirian, daripada ramai-ramai

24

Saya suka belajar tentang alam, hewan, tumbuhan atau lainnya

25

Saya senang mendengar ceramah yang menantang

26

Saya selalu menjadi masuk juara (minimal 5 besar) di kelas.

27

Saya sering menyanyikan lagu, walau tidak hafal lengkap, waktu saya baru mendengarkannya atau pas mengerjakan sesuatu. (hem…hem..hem misalnya)

28

Saya suka mengambar, warna atau karya pahatan

29

Saya punya olahraga favorit (dan saya sering melakukannya, sore atau pagi atau…)

30

Saya punya setidak-tidaknya 3 teman yang sangat dekat

31

Saya suka sendirian dan memikirkan apa diri saya, dan apa yang mesti saya lakukan nanti….

32

Saya berharap mengunjungi kebun binatang, bila punya waktu.

33

Saya sangat senang keperpustakaan

34

Orang kadang berkata kepada saya bahwa saya punya otak sangat pandai.

35

Saya kalau mendengar music/lagu, 1,2, 3 kali, saya akan mudah menyanyikan lagu itu kembali dengan cukup baik.

36

Saya suka ilmu matematika tentang geometri (sudut-sudut) dari pada aljabar.

37

Saya suka menggunakan isyarat tangan, atau gerakan tubuh bila berbicara sama orang.

38

Saya senang menjadi anggota osis dan saya punya kedudukan disana, atau kelompok kelompok organisasi lain, karena saya suka bergaul dengan banyak orang.

39

Saya punya hobby atau kesukaan special yang saya simpan sendiri

40

Saya menikmati berburu atau memancing atau semacamnya.

41

Disekolah pelajaran bahasa inggris, IPS, sejarah lebih saya suka (lebih Mudah) daripada Matematika dan IPA.

42

Saya sering melihat banyak orang melakukan sesuatu yang tidak logis dan masuk akal.

43

Alat music, music menurut saya adalah hal yang cukup penting.

44

Saya mudah memahami sesuatu bila dijelaskan dengan gambar-gambar atau peta.

45

Saya mudah menguasai olah raga baru dengan mudah

46

Saya sering diminta nasehat, saran atau jadi penengah diantara teman-teman saya.

47

Saya lebih senang main sendirian (PS, Nonton TV, VCD dll) dirumah bila senggang daripada main ramai-ramai dengan teman.

48

Saya Pingin atau suka kegunung, mendaki, camping atau rekreasi ke-alam seperti itu.

49

Saya lebih memperhatikan tulisan dipapan reklame di jalan Tol daripada pemandangan jalan Tol.

50

Saya sering berpikir (seandainya air ini dicampur ini atau pupuk ini ditambahkan ditanaman ini apa yang terjadi) atau( Bila uang ini dikalikan sekian bulan keuntungan berapa banyak hasilnya) dst.

51

Saya punya alat music, bisa bermain music atau sangat ingin bisa bermain salah satu alat music

52

Mengetahui arah mudah bagi saya.

53

Saya lebih senang mengerjakan langsung (praktek), menjahit, membuat roti, membangun bangunan dari pada konsep pelajaran-pelajaran dikelas (diterangkan saja dipapan tulis).

54

Saya suka bermain atau melakukan sesuatu bersama-sama banyak orang daripada sedikit (sendiri).

55

Saya sering mencacat kejadian-kejadian yang saya alami, dan saya tahu bagaimana perasaan saya.

56

Tanaman atau hewan penting bagi saya.

Cara Pengisian

Isilah test ini dengan menyilang, dan masukkan hasilnya ke kolom-kolom yang sudah disediakan. Ingat. Sama persis kolomnya jangan diubah-ubah. Guna mempermudah analisisnya. Trims.

Contoh pengisian; anda silang soal no 1, di angka 4. Maka masukkan angka 4 itu di kolom dibawah. Lihat contohnya. Lalu setelah terisi semuanya. Anda jumlah ke bawah tiap-tiap kolom. Lihat contoh;

Busztan-Center for Empowering People

Nama /Umur :

Alamat :

Sekolah/Kelas :

Tanggal Test :

Contoh : Jawaban test Multiple intelligences

NO

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

No

Hasil

1

4

2

3

4

5

6

7

8

9

3

10

11

12

13

14

15

16

17

2

18

19

20

21

22

23

24

25

4

26

27

28

29

30

31

32

33

3

34

35

36

37

38

39

40

41

1

42

43

44

45

46

47

48

49

2

50

51

52

53

54

55

56

Total

19

28

24

18

21

23

14

19

Angka terakhir dengan urutannya:

Total : 20 28 24 18 21 23 14 19 inilah yang kalian kirim via email ke Kami. Sekali lagi jangan salah. Trims.

(B-CEP) Busztan-Center for Empowering People

Phsycological Test :

TEST SURVAI PROMBLEMA MANAJERIAL

Isilah soal ini dengan angka nol (0) dan satu (1). Nol bila bukan anda dan 1 bila anda.

Contoh: soal no 1; anda termasuk tidak puas dengan kesehatan fisik anda, karena sakit-sakitan atau kegemukan atau kurang sempurna atau..atau. intinya anda kurang nyaman. Maka anda isi angka Nol di jawaban di bawah. Bila anda merasa okey dengan fisik anda. Tingginya mungkin anda suka, tidak gemuk, anda tidak sakit-sakitan dll. Anda isi itu dengan angka 1. Dikolom yang sudah disediakan.

Persyaratan pengisian adalah; anda harus jujur pada diri anda , jangan terlalu lama berfikir dan usahakan kosentrasi. Paling butuh waktu 10 sampai 30 menit maksimal. Tetapi keuntungannya banyak buat anda.

1. Saya tidak puas mengenai kesehatan fisik saya.

2. Saya tidak pasti bagaimana pendirian saya atas pelbagai masalah yang prinsip.

3. Saya kadang-kadang merasa bahwa saya harus mengambil keputusan penting mengenai hidup saya, namun saya menghindari untuk melakukannya.

4. Saya tidak banyak berusaha mengembangkan pribadi saya.

5. Kerap kali saya tidak mampu memecahkan masalah secara efektif.

6. Saya kerap kali tidak mengadakan eksperimen dan mencobakan gagasan baru.

7. Saya kerap kali kecewa karena saya merasa bahwa pandangan saya tidak diperhitungkan sepenuhnya oleh orang lain.

8. Saya tidak membicarakan dan memahami prinsip yang mendasari praktek manajemen saya.

9. Saya mengalami kesulitan untuk meminta bawahan saya bekerja dengan efektif.

10. Saya yakin bahwa pelatihan bawahan saya pertama-tama merupakan tanggung jawab orang lain.

11. Saya merasa memimpin rapat itu sulit dan kerap kali tidak menyenangkan.

12. Saya terlalu memaksa diri untuk memenuhi tuntutan pekerjaan.

13. Jarang sekali saya meminta orang untuk memberikan tanggapan atas pendekatan dasar saya terhadap hidup dan pekerjaan.

14. Jika ditanya, saya akan mengalami kesulitan mengatakan kepada seseorang, apa yang ingin saya lakukan dalam hidup saya.

15. Saya yakin bahwa potensi saya sudah sepenuhnya dikembangkan.

16. Pendekatan saya terhadap pemecahan masalah kerap kali tidak sistematik.

17. Anda dapat menggambarkan saya sebagai "orang yang tidak suka akan perubahan".

18. Saya mengalami kesulitan mempengaruhi orang lain dengan berhasil.

19. Saya tidak memikirkan secara mendalam tentang gaya manajemen saya.

20. Kadang-kadang saya merasa bahwa saya menerima dukungan yang tidak memadai dari bawahan saya.

21. Tidak banyak tenaga yang saya berikan untuk melatih dan mengembangkan bawahan saya.

22. Pada umumnya, saya merasa bahwa teknik untuk pengembangan kelompok tidak merupakan tugas dalam dunia usaha.

23. Saya sangat tidak menyukai gagasan menjadi orang tidak terkenal.

24. Kadang-kadang saya mengambil cara yang mudah daripada melakukan apa yang saya ketahui seharusnya dikerjakan.

25. Tujuan pribadi dan tujuan kerja saya kerap kali bertentangan.

26. Saya tidak mengharapkan mengalami hidup-kerja saya menggembirakan.

27. Jarang sekali saya meninjau kembali sasaran kerja saya.

28. Kerap kali saya merasa bahwa orang lain lebih kreatif daripada saya.

29. Saya mengalami kesulitan memberikan kesan pertama yang baik.

30. Jarang saya membicarakan atau mencari umpan balik mengenai kekuatan dan kelemahan saya sebagai seorang manajer.

31. Saya mengalami kesulitan membina hubungan positif dengan bawahan saya.

32. Jarang sekali saya menyisihkan waktu untuk meninjau kembali kebutuhan perkembangan bawahan saya.

33. Saya tidak mempunyai pengalaman nyata dalam membina tim.

34. Saya tidak pandai mengatur waktu secara efektif.

35. Saya kerap kali tidak tegas dalam hal prinsip.

36. Jarang sekali saya mencoba mengukur prestasi saya secara obyektif.

37. Jarang sekali saya mencari pengalaman baru.

38. Kerap kali sava mengalami kesulitan dalam menangani informasi.

39. Kadang-kadang kebutuhan saya untuk selalu tertib-teratur menghambat saya untuk melakukan eksperimen.

40. Saya kerap kali merasa bahwa saya tidak cukup berani mengemukakan pendapat.

41. Pada umumnva, sava yakin bahwa Anda tidak dapat mengubah sikap orang terhadap pekeriaan.

42. Saya ragu apakah bawahan saya berusaha bekerja sebaik mungkin bagi perusahaan.

43. Terus terang, saya tidak melihat manfaat sistem penaksiran.

44. Saya tidak berusaha menciptakan suasana terbuka dan penuh kepercayaan dalam kelompok kerja.

45. Saya merasa bahwa kehidupan pribadi dan keluarga saya sangat dirugikan oleh pekerjaan saya.

46. Kadang-kadang saya menyadari bersikap berlawanan dengan keyakinan saya.

47. Jarang sekali saya mencari umpan balik dari orang lain mengenai prestasi atau kemampuan saya.

48. Pekerjaan saya sangat mempengaruhi kehidupan pribadi saya.

49. Saya bukan perencana yang baik.

50. Saya cenderung putus asa dan menyerah kalau pemecahan tidak ditemukan dengan segera.

51. Saya mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain.

52. Saya sebenarnya tidak tahu apa yang menjadi motivasi orang untuk berprestasi tinggi.

53. Saya merasa sulit untuk mendelegasikan wewenang secara efektif.

54. Saya cenderung menghindari memberikan umpan balik pribadi kepada orang lain, kecuali bila diminta secara khusus.

55. Hubungan antara tim yang saya pimpin dan tim lainnya dalam organisasi seharusnya lebih baik.

56. Pekerjaan sangat membuatku lelah.

57. Saya tidak yakin bahwa pada dasarnya berguna mempertanyakan nilai-nilai saya.

58. Saya ingin memiliki semangat lebih besar untuk berprestasi.

59. Saya tidak menyukai tantangan.

60. Saya tidak meninjau-ulang kemajuan dan prestasi saya secara teratur.

61. Saya dituduh terlalu lunak.

62. Saya mengalami kesulitan meminta orang bersikap seperti yang saya inginkan.

63. Dalam mengatur orang, saya merasa saat mencoba menerapkan gagasan-gagasan baru dalam manajemen tidak banyak manfaatnya.

64. Kerap kali saya gagal mencapai tingkat motivasi yang tinggi di antara bawahan saya.

65. Saya yakin bahwa membimbing bawahan secara efektif itu bukan tanggung jawab seorang manajer pada umumnya.

66. Sebagai seorang manajer, saya yakin bahwa saya harus menjadi pemimpin bawahan saya dalam kegiatan apa pun.

67. Saya cenderung makan terlalu banyak.

68. Kadang-kadang saya merasa bahwa nilai-nilai saya tidak konsisten.

69. Saya tidak mempunyai cukup empati terhadap rekan-rekan sekerja saya.

70. Saya jarang berpikir mengenai apa yang menghambat saya untuk menjadi lebih efektif.

71. Saya secara sadar tidak menggunakan orang untuk membantu diri saya sendiri memecahkan masalah.

72. Saya mengalami kesulitan dalam memimpin orang-orang yang berjiwa inovatif tinggi.

73. Saya tidak puas terhadap prestasi saya dalam rapat-rapat.

74. Saya cenderung memakai pendekatan yang seragam dalam memimpin orang lain, tanpa mempedulikan pengalaman ataupun kepribadian mereka.

75. Saya sungguh mengalami kesulitan berhubungan dengan beberapa orang bawahan saya.

76. Kesempatan untuk belajar dan perkembangan itu ada bagi bawahan saya, tetapi kerap kali dibiarkan lewat tak terpakai.

77. Saya tidak selalu melihat jelas apa yang diharapkan dari kelompok yang saya pimpin.

78. Kerap kali saya tidak merasa bersemangat dan gembira.

79. Saya tidak yakin bagaimana pendidikan yang saya terima mempengaruhi keyakinan-keyakinan saya.

80. Saya tidak mempunyai rencana karier yang jelas, namun saya rasa saya harus mempunyainya.

81. Saya cenderung menyerah kalau pekerjaan menjadi sulit.

82. Saya kurang berani memimpin rapat untuk memecahkan masalah.

83. Melahirkan gagasan kerap kali merupakan kesulitan bagi saya.

84. Kadang-kadang saya tidak melakukan apa yang saya katakan.

85. Saya yakin bahwa orang terlalu banyak mempertanyakan keputusan manajer dewasa ini.

86. Saya kurang merumuskan peran dan sasaran dari bawahan saya.

87. Saya yakin bahwa tidak banyak yang dapat dipelajari mengenai bimbingan bagi orang lain; atau orang berbakat untuk melakukan hal itu atau tidak pernah akan mampu melakukannya.

88. Saya tidak memiliki keterampilan yang dituntut untuk membentuk suatu tim yang efektif.

89. Teman-temanku kadang-kadang memberi tahu bahwa saya kurang memperhati-kan diri saya.

90. Saya ragu mendiskusikan keyakinan pribadi saya dengan orang lain.

91. Saya tidak mendiskusikan tujuan jangka panjang saya dengan orang lain.

92. Saya dapat digambarkan dengan tepat sebagai "orang yang terbuka dan luwes".

93. Pada umumnya, saya tidak menggunakan pendekatan metodis untuk memecahkan masalah.

94. Kalau saya berbuat salah, saya merasa malu dan rendah diri.

95. Saya bukan pendengar yang baik.

96. Saya merasa sulit mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain secara efektif.

97. Seandainya saya tegas, saya ragu sejauh mana orang yang saya pimpin akan memberikan dukungan pada saya.

98. Beberapa orang bawahan saya kurang memiliki keterampilan yang diperlukan.

99. Saya merasa bahwa orang-orang yang saya pimpin, tidak banyak memberikan sumbangan di luar apa yang mereka berikan sekarang ini.

100. Kadang-kadang saya mengalami kesulitan mengatasi kesulitan emosional saya.

101. Saya tidak yakin seberapa dekat nilai-nilai saya berkaitan dengan nilai-nilai organisasi.

102. Biasanya saya tidak mencapai ambisi pribadi saya.

103. Jarang sekali saya meluangkan usaha saya.

104. Saya rasa saya mempunyai masalah yang lebih banyak dan lebih besar dewasa ini dan daripada beberapa tahun yang lalu.

105. Saya tidak menilai hal-hal kecil dalam pekerjaan.

106. Saya tidak merasa bahwa orang cukup segan terhadap saya.

107. Kerap kali saya harus memimpin orang lain dengan metode yang sebenarnya tidak saya yakini.

108. Saya mencurigai bawahan saya tidak memberikan penghargaan tinggi kepada saya sebagai seorang manajer.

109. Saya tidak berpendapat bahwa penting bagi orang lain mampu melakukan tugas saya.

110. Pada dasarnya, saya bukanlah orang yang cocok untuk bekerja dalam tim.

Busztan-Center for Empowering People

Isilah test ini dengan mengisi angak Nol (0) dan satu (1), dan masukkan hasilnya ke kolom-kolom yang sudah disediakan. Ingat. Sama persis kolomnya jangan diubah-ubah. Guna mempermudah analisisnya. Trims.

Nama /Umur :

Alamat :

Sekolah/Kelas :

Tanggal Test :

Contoh : Jawaban test Hambatan/Potensi Manajerial

No

Hasil

No

No

No

No

No

No

No

No

No

No

1

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

0

23

1

34

0

45

0

56

1

67

1

78

1

89

1

100

0

101

102

103

104

105

106

107

108

109

110

Total

6

9

10

4

3

7

8

7

6

9

5

Angka terakhir dengan urutannya:

Total : 6 9 10 4 3 7 6 8 7 6 9 5. inilah yang kalian kirim via email ke Kami. Sekali lagi jangan salah. Trims.

(B-CEP) “Busztan-Center for Empowering People”

“Test Four of Type Personality”

Nama /Umur :

Alamat :

Instansi/Sekolah/Kelas :

Tanggal Test :

Discover your Personality with Type Four Personality:

Persyaratan pengisian adalah; anda harus jujur pada diri anda , jangan terlalu lama berfikir dan usahakan kosentrasi. Paling butuh waktu 10 sampai 30 menit maksimal. Tetapi keuntungannya banyak buat anda. Ingatlah saat pengisian pertanyaan 1-10, beda situasinya dengan pertanyaan 11-20. Maka anda usahakan betul-betul jeda. Untuk validitas analisis dan jawaban.

(Questionnaire adapted from Total Quality Indonesia, and Personalitu Plus, by Florecence Littauer, with modification).

Cara mengisinya adalah; isilah kolom-kolom kosong itu dengan angka 1, 2, 3 dan 4. Satu (1) adalah sangat bukan anda. Dua (2), Bukan anda, TIga (3), Kadang Anda, Empat (4), diri anda.

Tiap kolom harus terisi. Jangan terlalu ragu dan lama dalam mengisinya. Biarkan suara-hati anda bergerak. Itulah asli anda. Jangan diulang-ulang jawabannya atau anda koreksi setelah selesai menjawab. Koreksian biasanya cenderung untuk keluar dari diri anda langsung. Suara hati, alam bawah sadar, super-ego atau Sub-conscious adalah asli diri anda.

Contoh: Soal dibawa ini; Gampang da santai (sangat diri anda), maka anda isi 4. Bingung dan ketergantunngan, sangat bukan anda. Maka anda isi 1. Angkuh dan tidak bertanggung jawab, Bukan anda, maka anda isi, 2. Sisanya otomatis, harus 3.

1

Kadang kala, aku takut Orang lain melihat diriku sebagai orang yang;

4

Gampangan dan Santai

1

Bingung dan Ketergantungan

2

Angkuh dan Tidak bertanggung jawab

3

Lemah atau bersikap tunduk

Setelah diisi semua lihat bawah sebagai contoh.


Pertanyaan-Pertanyaan Test : “Test Four of Type Personality”

Saat anda menjawab pertanyaan-pertanyaan No 1-10 , pikirkanlah mengenai situasi-situasi di mana segala sesuatunya serba salah untuk anda dan anda dalam keadaan amat tertekan dan marah. Lalu jedahlah; 1 jam sampai 3 jam terserah, baru menjawab pertanyaan No 11-20

1

Kadang kala, aku takut Orang lain melihat diriku sebagai orang yang;

Gampangan dan Santai

Bingung dan Ketergantungan

Angkuh dan Tidak bertanggung jawab

Lemah atau bersikap tunduk

2

Bila seorang mengkritik diriku, boleh jadi aku akan;

Menghindari Persoalan itu dan melakukan pekerjaan lain

Menganalisis situasi dan motif-motif dari orang lain itu

Menghadapi ktitik itu dan membela diriku.

Menarik diri, menghindari persoalannya dan menenangkan mereka

3

Aku sangat tidak senang saat aku berfikir orang lain menilai aku sebagai orang yang;

Membosankan atau orang yang suka pamer

Kaku atau tidak berperasaan

Tidak tulus hati atau berantakan

Kasar atau tidak pedulian

4

Pada saat aku sedang tidak senang dengan seseorang, aku mungkin akan;

Tidak mempedulikannya & mencari orang lain untuk berbicara

Mundur dan mencoba mencari jalan untuk mengatasinya

Mengutarakan apa yang kupikir dan mengatakan posisiku pada orang itu

Menghindari membicarakan persoalan yang memisahkan kita

5

Saat orang marah padaku, atau menjadi agresif, aku akan;

Menghindari sebagai penyebab & menghindari orang itu

Menganalisis situasinya, menyalahkan orang lain

Aku akan bereaksi pada orang itu & menyelesaikannya

Ngeri sendiri karena aku benci kerusuhan

6

Aku biasanya meneyelesaikan perbedaan pendapat dengan;

Menyerah & membiarkan orang lain menang

Menerangkan segalanya, hingga pendapatku diterima

Menggunakan analisa untuk menunjukkan yanag benar

Menjelaskan titik pandang dengan cara yang kreatif.

7

Kehilangan yang paling aku takuti adalah;

Kehormatan dan kebanggaanku

Kekuasaan dan pengaruhku

Control diri dan Kemandirianku

Kebebasan dan kreatifitas diriku

8

Saat aku mengalami stress lebih dari yang dapat aku tangani, aku biasanya;

Bingung & membicarakan pada Orang yang aku percaya

Control segalanya & memutuskan bagaimana mengatasinya.

Menarik diri & mencari jalan keluarnya.

Mencari seseorang untuk melimpahkan energiku.

9

Saat aku merasa diriku sedang kalah, maka aku melihat diriku sebagai orang yang;

Mempunyai sedikit saja untuk dipersembahkan

Tidak mampu melakukan apa yang perlu dikerjakan

Bingung dan tidak bisa mengontrol diri

Kalah

10

Saat aku menghadapi percekcokan/pertengkaran dalam proyek-proyekku, aku cenderung;

Menarik diri & kompromi

Menantang dan menghadapinya

Diskusi dan menganalisanya

Melipatgandakan segala usaha-usahaku.

Saat anda menjawab pertanyaan-pertanyaan No 11-20 , pikirkanlah mengenai situasi-situasi di mana segala sesuatunya berjalan baik untuk anda dan anda merasa senang. Carilah tempat yang tenang, tidak tergaggu…bila mungkin nyalakan music yang slow dan menyenagkan anda.

11

Gaya Kepribadian yang kusadari terdapat dalam diriku adalah;

Kelemahlembutan dan kehangatan

Kuat dan mampu

Konsisten dan berfikir logis

Spontan dan kreatif

12

Saat rekan kerja mengutarakan kelemah-lembutan padaku, aku sering;

Menerima & senang karenanya

Merasa risih & berusaha untuk tidak terlibat

Tidak yakin bagaimana harus menjawab

Berharap hal itu telah berlalu

13

Saat aku berada dilingkungan orang-orang yang baru kukenal, aku biasanya;

Secara spontan membiarkan mereka bertindak dulu

Memperhatikan & mengenali kekuatan-kekuatan mereka

Menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkan diriku

Bersifat ramah & mengambil langkah-langkah untuk berteman

14

Saat orang memuji diriku aku bertendensi untuk;

Merasa malu & tidak percaya aku pantas menerimanya

Menerima pujian dengan ringan & canda

Memikirkan apakah aku pantas menerima pujian itu

Menolak & tidak terlalu merisaukan pujian itu.

15

Aku tertarik pada orang yang;

Kooperatif dan mudah bergaul

Bertanggung jawab & menyelesaikan tugas-tugasnya

Teliti & berfikir secara seksama

Menyenangkan dan unik

16

Aku cenderung membuat keputusan-keputusan yang dipengaruhi oleh;

Mempercayai kata hatiku

Mengikuti peraturan yang ada

Analisis dan pertimbangan secara teliti

Reaksi spontan dari dalam diriku

17

Aku membuat orang bekerjasama dengan cara

Menjalin persahabatan & keselaran dengan mereka

Bujukan dan mengarahkan

Mempengaruhi, berdiskusi & pendekatan yang logis

Memotivasi dengan cara kreatif

18

Aku merasa diriku menjadi terbaik kalau aku;

Menolong orang & merasa senang karenannya

Menyelesaikan segala masalah

Menasehati orang & membantu membereskan masalah

Menyebabkan sesuatu terjadi

19

Aku menghendaki orang lain melihat diriku sebagai;

Hangat dan menarik

Dapat dipercaya, berhasil dan mengesankan

Orang yang yakin, percaya diri & memakai pikiran

Mahir, cekatan dan Unik

20

Aku mungkin paling dikenal oleh karena;

Aku hormat pada orang lain

Ketekunanku untuk mencapai cita-citaku

Kemampuanku untuk menaruk sesuatu dalam perspektif

Ide-ideku yang bebas dan bergaya kreatif


Setelah anda isi semuanya, anda Jumlahkan kebawah; Contoh;

No Peratanyaan

Jawaban

jawaban

Jawaban

jawaban

Untuk Ngecek bahwa anda tidak salah hitung

1

1

4

2

3

10 (penjumlahan dari 1+4+2+3)

2

2

3

4

1

10 (Penjumlahan dari 2+3+4+1)

3

4

2

1

3

10

4

4

2

3

1

10

5

3

1

4

2

10

6

2

4

3

1

10

7

4

1

3

2

10

8

2

4

3

1

10

9

4

2

3

1

10

10

3

2

1

4

10

11

1

2

4

3

10

12

2

4

1

3

10

13

1

3

4

2

10

14

1

2

4

3

10

15

2

4

1

3

10

16

4

2

3

1

10

17

4

3

1

2

10

18

2

1

3

4

10

19

2

3

1

4

10

20

3

4

1

2

10

Total

51

53

50

46

200 (Penjumlahan dari 51+53+50+46)

Angka 51 53 50 dan 46 dengan urutan yang persis, itulah yang anda kirim ke kami. Trims….mudah-mudahan bermanfaat. Amien3x.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar