Laman

Minggu, 28 Maret 2010

Kerangka Kerja Kecakapan Emotional (Daniel Goleman)

KERANGKA KERJA KECAKAPAN EMOSI

DANIEL GOLEMAN

KECAKAPAN PRIBADI

Kecakapan ini menentukan bagaimana kita mengelola diri sendiri

KESADARAN DIRI

Mengetahui kondisi diri sendiri, kesukaan, sumber daya dan intuisi

  • Kesadaran Emosi: mengenali emosi diri sendiri dan efeknya
  • Penilaian diri secara teliti: mengetahui kekuatan-kekuatan dan batas-batas diri sendiri.
  • Percaya diri: keyakinan tentang harga diri dan kemampuan sendiri

PENGATURAN DIRI

Mengelola kondisi, impuls dan sumber daya diri sendiri

  • Kendali diri: mengelola emosi-emosi dan desakan-desakan hati yang merusak
  • Sifat dapat dipercaya: memelihara norma kejujuran dan integritas
  • Kewaspadaan:bertanggung jawab atas kinerja pribadi
  • Adaptibilitas: keluwesan dalam menghadapi perubahan
  • Inovasi: mudah menerima dan terbuka terhadap gagasan, pendekatan dan informasi-informasi baru

MOTIVASI

Kecendrungan emosi yang mengantar atau memudahkan peralihan sasaran

  • Dorongan prestasi: dorongan untuk menjadi lebih baik
  • Komitmen: menyesuaiakan diri dengan sasaran kelompok atau perusahaan
  • Inisiatif: kesiapan untuk memanfaatkan kesempatan
  • Optimisme: kegigihan dalam memperjuangkan sasaran kendati ada halangan dan kegagalan

KECAKAPAN SOSIAL

Kecakapan ini menentukan bagaimana kita menangani suatu hubungan

EMPATI

Kesadaran terhadap perasaan, kebutuhan dan kepentingan orang lain

  • Memahami orang lain: mengindra perasaan dan perspektif orang lain, dan menunjukkan minat aktif terhadap kepentingan mereka.
  • Orientasi pelayanan: mengantisipasi, mengenali dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan/orang lain
  • Mengembangkan orang lain: merasakanaa kebutuhan perkembangan orang lain dan berusaha menumbuhkan kemampuan mereka
  • Mengatasi keragaman: menumbuhkan peluang melalui pergaulan dengan bermacam-macam orang
  • Kesadaran politis: mampu membaca arus emosi sebuah kelompok dan hubungannya dengan kekuasaan

KETERAMPILAN SOSIAL

Kepintaran dalam mengubah tangagapan yang dikehendaki pada orang lain

  • Pengaruh: memiliki taktik-taktik untuk melakukan persuasi
  • Komunikasi: mengirimkan pesan yang jelas dan meyakinkan
  • Kepemimpinan: membangkitkan inspirasi dan memandu kelompok dan orang lain
  • Ketalisator perubahan: memulai dan mengelola perubahan
  • Manajemen konflik: negosiasi dan pemecahan silang pendapat
  • Pengikat jaringan: menumbuhkan hubungan sebagai alat
  • Kolaborasi dan kooperasi: kerja sama dengan orang lain demi tujuan bersama
  • Kemampuan tim: menciptakan sinergi kelompok dalam memperjuangkan tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar